Jumat, 10 April 2009

Enkripsi Data dan Analisa Enkripsi

Agar password yang Anda buat benar-benar aman,maka kita perlu mengenkripsi atau men-generate password tersebut. Generate password adalah me-random passwrod yang kita buat agar tidak mudah ditebak, biasanya ada perpaduan antara huruf, angka, dan simbol yang diacak.

Generate Password dengan ChaosMD5 2.5.002

Untuk tool pertama yang akan kita gunakan dalam men-generate password adalah ChaosMD5 versi 2.5.002. Tool ini memiliki dua tipe, yaitu yang Unicode dan Non-Uicode.
Berikut langkah-langkah menggunakan ChaosMD5 2.5.002 :
  1. Download ChaosMD5 2.5.002 di sini
    DOWNLOAD

  2. Kalau sudah, anda ekstrak file tersebut menggunakan Winzip atau Winrar

  3. Setelah anda ekstrak, maka anda akan mendapatkan dua folder, yaitu untuk ChaosMD5 tipe Unicode dan Non-Unicode. Untuk latihan kali ini anda pilih yang folder Unicode

  4. Didalamnya Anda menemukan file ChaosMD5.exe, klik ganda file tersebut sehingga akan ditampilkan jendela ChaosMD5 2.5.002 by Elgorithms-Unicode.

  5. Ada dua opsi yang bisa digunakan untuk men-generate password, yaitu dengan File dan Text. Untuk opsi file, anda harus membuat catatan password-nya lebih dahulu menggunakan aplikasi Notepad.

  6. Kalau sudah membuat catatan password di Notepad, klik ikon Map yang berwarna kuning. Pada kotak dialog Select File for MD5 Check pilih file yang sudah anda buat di Notepad.

  7. Lalu klik Open

  8. Setelah file di-load anda klik tombol Generate MD5, maka secara otomatis password anda buat di Notepad sudah diacak sehingga akan sulit ditebak.

  9. Sedangkan opsi Text, anda bisa menginputkan langsung yang ingin anda generate, kemudian klik tombol Generate MD5.
Sekarang anda sudah memiliki password yang aman dan tidak mudah ditebak oleh pihak-pihak yang tidak berwenang.

Comments :

0 komentar to “ ”

 

Copyright © 2009 by Network